Beranda, Islami, Quotes, Syair, Doa,

Jumat, 13 Februari 2015

Fa inna ma’al ‘usri yusraa



Seorang sahabat mengatakan kepada saya, “Lihatlah setiap persoalan hidup selalu dari dua  sisi yang berbeda.”
Hanya satu kalimat itu yang ia katakan dan itupun tanpa sebuah penjelasan di akhirnya. Oleh karena itu maka saya harus berpikir sendiri apa maksud dari kalimat tersebut.
Bicara tentang persoalan hidup, pasti akan banyak membicarakan tentang orang-orang yang frustasi, orang-orang yang mempunyai beban hidup yang berat. Dan Kali ini Saya akan coba membahas sisi lain mengenai persoalan hidup.

Fa inna ma’al ‘usri  yusraa, inna ma’al ‘usri yusraa
“Karena sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan, sesungguhnya sesudah kesulitan itu ada kemudahan.” (QS. Ash-Sharh : 5-6)

Allah telah mengatakan lewat ayat diatas secara berulang, Agar manusia yakin bahwa Allah akan memberikan kemudahan dibalik kesulitan yang dihadapinya. Allah tidak pernah memberikan cobaan di luar batas kemampuan manusia. Tidak memberikan masalah tanpa adanya jalan keluar. Maka dari itu mari kita coba untuk melihat setiap masalah atau ujian yang kita hadapi dari dua sisi yang berbeda.
Seperti sebuah jungkat-jungkit, mainan anak –anak yang jika diberikan beban berat di salah satu sisi maka sisi yang lainnya akan naik ke  atas . Sama halnya dengan persoalan hidup, jika Allah memberikan cobaan atau ujian yang berat kepada kita maka lihatlah di sisi lain Allah hendak menaikkan derajat kita. Allah hendak menaikkan kita ke kelas yang lebih tinggi, Allah ingin melihat cara kita dalam menghadapi masalah-masalah tersebut. Dengan berbagai masalah dan cobaan maka kita akan bertambah dewasa, bertambah keimanan kita dan bertambah rasa syukur karena setiap cobaan tersebut adalah cara Allah menunjukkan bahwa Allah sangat menyayangi kita.
Bayangkan jika kita hanya melihat masalah dari satu sisi, kita hanya menganggap bahwa Allah itu tidak adil. Allah hanya memberikan sebuah cobaan yang berat yang membuat manusia itu ragu untuk menghadapinya. Manusia seolah tidak yakin akan jalan keluar dan sesuatu yang besar di balik setiap cobaan itu. Malahan manusia semakin tidak percaya kepada Allah, berprasangka buruk kepada Allah, dan menganggap Allah itu tidak adil. Astagfirullah…
Intinya adalah berprasangka baiklah kepada Allah, karena Allah selalu bersama dengan kita. Sesuatu yang besar senantiasa Allah siapkan untuk kita dibalik ujian-Nya.
Semoga Allah ta’ala senantiasa memudahkan dan melancarkan segala urusan kita. Amin !!!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar